Profil AP

Visi Prodi Akuntansi Perpajakan

Visi program studi akuntansi perpajakan adalah:
“Menjadi program studi vokasi di bidang akuntansi dan perpajakan yang menghasilkan SDM berkarakter, unggul, dan handal di kawasan timur Indonesia dalam menghadapi persaingan global”

 

Program studi akuntansi perpajakan jenjang sarjana terapan Politeknik Negeri Balikpapan memiliki ciri khas dan keunikan dibandingkan dengan program studi sejenis di perguruan tinggi lain, terutama terkait dengan : 

1. Struktur kurikulum pembelajaran – pendidikan anti korupsi. 

2. Struktur kurikulum pembelajaran – akuntansi sumber daya mineral.

3. Staf pengajar dari industri terkait (Direktorat Jendral Pajak, SKK Migas, Ikatan Konsultan Pajak Indonesia, PT. Pertamina Hulu Mahakam).

4. Program studi berada pada wilayah dimana belum ada program studi sejenis (Balikpapan, Kalimantan Timur).

 

Profil Lulusan Akuntansi Perpajakan

Deskripsi

  1. Mampu menjadi teknisi akuntansi ahli yang mampu melakukan pekerjaan di bidang akuntansi pada perusahaan (entitas bisnis) jasa, dagang, dan/atau manufaktur berskala besar dan/atau gopublic.
  2. Mampu mengaplikasikan pada bidang keahlian akuntansi secara spesifik antara lain akuntansi sektor publik, akuntansi manajemen, akuntansi perpajakan, sistem informasi akuntansi dan akuntansi syari’ah yang sesuai dengan standar dan prinsip – prinsip yang berlaku umum dan relevan di bidang akuntansi.
  3. Mampu melakukan perhitungan, penyetoran dan pelaporan pajak meliputi perhitungan, penyetoran dan pelaporan PPh Badan; perhitungan, penyetoran dan pelaporan PPN dan PPnBM; perhitungan, penyetoran dan pelaporan PPH Khusus, BPHTB dan perhitungan, penyetoran dan pelaporan WP asing.
  4. Mampu mengoperasikan aplikasi – aplikasi untuk mendukung proses pelaporan akuntansi dan perpajakan, seperti aplikasi komputer akuntansi, pengolah angka (spreadsheet), dan aplikasi komputer lainnya.

Deskripsi

  1. Mampu menerapkan penelitian terapan di bidang akuntansi dan perpajakan sesuai perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi.
  2. Mampu mengikuti perkembangan dan isu terkini yang terkait di bidang akuntansi dan perpajakan terutama terkait dengan penggunaan teknologi informasi untuk mendukung transparansi dan akuntabilitas pelaporan di bidang akuntansi dan perpajakan.
  3. Menyiapkan hasil analisis laporan keuangan secara realistik dan dapat diberikan kepada pengguna jasa dengan mempertimbangkan isu – isu dibidang perpajakan, risiko dan alternatif – alternatif kebijakan yang dapat dilaksanakan.

Deskripsi

  1. Mampu membuat perencanaan atau manajemen pajak untuk perencanaan pribadi, perencanaan PPN dan PPnBM, perencanaan PPh Badan, perencanaan BPHTB dan membuat perencanaan pajak untuk WP Asing.
  2. Mampu menghasilkan jasa akuntansi perpajakan yang berkualitas yaitu melakukan pengelolaan dokumen perpajakan seperti pengelolaan dokumen PPN dan PPnBM; pengelolaan dokumen PPh Badan; pengelolaan dokumen PPh Khusus; pengelolaan dokumen BPHTB; pengelolaan dokumen WP Asing;

Deskripsi

Menjalankan fungsi pelayanan dan konsultasi Wajib Pajak; menjalankan fungsi pengawasan dan penggalian potensi Wajib Pajak dalam lingkup organisasi pemungut pajak (fiskus); organisasi bisnis maupun konsultan bisnis.

Deskripsi

Mampu melakukan jasa pemeriksaan pajak meliputi pemeriksaan PPN dan PPnBM; pemeriksaan PPh badan; pemeriksaan BPHTB, pemeriksaan WP Asing dan pemeriksaan WP Pribadi.

Deskripsi

Mampu menjalankan fungsi penelaah keberatan (PK) yaitu menjalankan penelaahan terhadap permohonan keberatan, pengurangan atau penghapusan sanksi administrasi; pengurangan atau pembatalan ketetapan pajak yang tidak benar di lingkungan organisasi pemungut pajak (fiskus) dengan menerapkan ilmu pengetahuan di bidang pemeriksaan pajak serta aturan – aturan hukum di bidang perpajakan.

Mulai mengetik pencarian Anda diatas dan tekan enter untuk mencari. Tekan ESC untuk batal.

kembali ke Atas
× How can I help you?