TRAINING OF TRAINER (TOT) JURUSAN AKUNTANSI POLITEKNIK NEGERI BALIKPAPAN

Dalam rangka meningkatkan mutu dan kualitas pendidikan di lingkungan Jurusan Akuntansi Politeknik Negeri Balikpapan maka pada hari Kamis, (17/06/2021) bertempat di Gedung Rektorat Lt. 2 Politeknik Negeri Balikpapan, Jurusan Akuntansi Politeknik Negeri Balikpapan mengadakan Traning Of Trainer ( TOT ) yang dibuka oleh Ketua Jurusan Akuntansi yaitu Bapak Saiful Ghozi, S.Pd., M.Pd. Dan sebagai narasumber yaitu Bapak Dr. I Nyoman Darmayasa, SE., M. Ak. Ak. M.M yang merupakan Dosen Perpajakan dari Politeknik Negeri Bali. Tema Traning Of Trainer ( TOT ) berjudul “Akuntansi, Auditing, dan Perpajakan (Isu Terkini)”. Kegiatan ini dihadiri oleh Dosen dan Tendik dari Jurusan Akuntansi Politeknik Negeri Balikpapan.

Pembahasan dalam Traning Of Trainer ( TOT ) mengemukakan isu terkini tentang perkembangan PSAK di era pandemic sekarang. Dengan pokok bahasan pertama yang menjadi latar belakang adalah PSAK 1 tentang Penyajian Laporan Keuangan, PSAK 8 tentang Peristiwa Setelah Periode Pelaporan, PSAK 14 tentang Persediaan, PSAK 16 tentang Aset Tetap, PSAK 24 tentang Imbalan Kerja, PSAK 57 tentang Provisi, Liabilitas, Kontijensi, dan Aset Kontijensi, PSAK 58 tentang Aset Tidak Lancar yang Dikuasai untuk Dijual dan Operasi yang Dihentikan, PSAK 72 tentang Pendapatan dari Kontrak dengan Pelanggan dan PSAK 73 tentang Sewa. Setelah dikaji ulang pokok-pokok bahasan tersebut dapat dijadikan bahan Penelitian yang baru sehingga mahasiswa dapat membuat Tugas Akhir yang lebih fresh dan up to date dengan era pandemi sekarang ini. Mengapa demikian ? Karena perusahaan pada era pandemi mengalami berbagai perubahan dan penyesuaian sehingga mahasiswa sebagai peneliti harus mendapat ilmu baru yang sesuai dengan isu terkini. Lalu pokok bahasan kedua yaitu Respons Auditor atas Pandemi Covid-19 : Terhadap Laporan Keuangan, Prosedur Audit, dan Pertimbangan Praktis Penunjang Kualitas Audit.  Dengan pokok bahasan Time-and cost-efficient, Avoids traveling to “difficult” locations, No need for audit logistics, dan More efficient audit team. Dan pokok bahasan terakhir yaitu mengenai Omnibus Law  dan Aturan Perpajakan dalam UU Cipta Kerja.

Traning Of Trainer ( TOT ) ini bertujuan agar para Dosen-dosen pada Jurusan Akuntansi mendapatkan ilmu pengetahuan yang fresh dan up to date dengan Isu Terkini dan mahasiswa/i Jurusan Akuntansi Politeknik Negeri Balikpapan yang mengajukan proposal ke Dikti maupun Tugas Akhir dapat dipublikasikan untuk masa depan mereka dan juga untuk pengembangan penelitian yang baik bagi kampus maupun bagi mahasiswa/i itu sendiri.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Mulai mengetik pencarian Anda diatas dan tekan enter untuk mencari. Tekan ESC untuk batal.

kembali ke Atas
× How can I help you?